Bulan Ramadhan : Pengertian, Doa Niat Puasa, Sholat Tarawih Serta Idul Fitri

Secaara umum bulan ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat islam. Bulan dilaksanakannya ibadah puasa oleh umat islam diseluruh dunia dengan rentang waktu antara 29 sampai 30 hari yang ditentukan dengan hilal serta menurut aturan yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadist. Bulan Ramadan juga merupakan waktu dimana umat Islam akan melakukan serta merayakan sebuah tradisi dan menjalankan kewajiban sebagai umat muslim yaitu berpuasa.

bulan ramadhan doa puasa niat sholat tarawih

Secara bahasa dari akar kata bahasa Arab Ramadhan adalah ” ramada ” atau ” ar-ramad ” yang memiliki arti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Dengan kata lain, panas yang menghanguskan atau kekeringan tersebut memiliki arti membakar. Sedangkan, dalam arti ramadhan yang dipercayai oleh umat islam, ramadhan memiliki arti yaitu membakar dosa, karena pada kesempatan bulan ramadhan ini, umat islam berkesempatan meminta ampunan kepada Allah SWT dan serta sesama makhluk.

Ramadhan juga sebagai bulan untuk memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW. Terdapat ibadah tahunan yang di imani sebagai salah satu dari rukun Islam yaitu puasa bulan ramadhan. Sedangkan hukum dari melaksanakan ibadah puasa dibulan ramadhan adalah fardlu bagi ummat islam yang sudah baligh, berakal serta tidak memiliki halanagan dalam berpuasa ( sakit, haid bagi perempuan, melahirkan atau yang lainnya).

Tiga Arti Bulan Ramadhan

Selain pengertian secara umum dan secaara bahasa diatas, bulan ramadhan masih memiliki arti lain yang berkaitan. Diantaranya Ramadhan sebagai ” penghulu bulan “, Ramadhan dengan arti ” membakar ” dan ramadhan berarti ” hujan “.

Ketiga arti diatas juga memiliki penjelasan yang tentunya berhubungan dengan keistimewaan, sejarah serta hal lain yang berkaitan dengan Ramadhan. Berikut penjelasan ketiganya.

Ramadan Sebagai " Penghulu Bulan "

Ramadhan sebagai penghulu bulan ” sayyidusy syuhur ” yang artinya Si Penghulu Bulan-bulan. Julukan atau arti ramadahan sebagai penghulu bulan tak lain karena bulan ramadhan memiliki keistimewaan serta keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan lainnya. Bagi umat Islam, tentunya bulan ini dapat dikatakan sebagai bulan yang penuh rahmat dan ampunan.

Penghulu bulan sebagai umat islam merupakan waktu yang tepat untuk memperbaiki diri, melangkah lebih baik dari tahun tahun sebelumnya. Sebagai ladang mencari pahala yang sebanyak banyaknya, dengan selalu melaksanakan yang wajib serta menambah yang sunnah.

Setiap ibadah yang dilaksanakan pada bulan ini, akan dilipat gandakan pahalanya jika seorang muslim melaksanakannya. Tak hanya ibadah langsung kepada Allah SWT yang dilipatgandakan, melakukan suatu kebaikan pun akan diberikan pahala yang besar. Maka dari itu Ramadhan dijuluki sebagai penghulu bulan oleh umat islam.

Ramadhan berarti " membakar "

Seperti penjelasan pada sebelumnya Ramadhan berasal dari bahasa arab yaitu ” ramada ” atau ” ar-ramad ” yang memiliki arti membakar. Tak lain Bulan Ramadhan juga dapat dikatakan sebagai bulan pembakaran dosa-dosa umat islam yang telah diperbuat hari-hari sebelumnya atau bahkan semasa hidupnya yang dulu.

Namun tidak semua umat islam dapat menggunakan kesempatan ini dengan baik, hanya umat islam yang beriman yang dapat melakukannya. Selalu meningkatkan dirinya pada bulan ramadhan ini serta dikehidupan seterusnya selalu istiqomah dalam kebaikan. Terkait juga dengan penghulu bulan, ramadhan digunakan sebagai awalan yang tepat untuk merubah diri.

Umat islam yang telah berhasil, maka dia setelah keluar dari bulan ramadhan dan menuju bulan syawal dengan meningkatnya iman dan taqwa.

Ramadhan Berarti " Hujan "

Ramadhan berasal dari kata Ar-Ramiidh (الرميض) yang artinya adalah hujan.


Dikaitkan kedalam sejarahnya, pada zaman dahulu bulan ramadhan selalu terjadi pada akhir musim panas. sehingga bulan ramadhan ini diibaratkan sebagai awan yang turun setelah musim panas dan sebagai penanda masuknya musim gugur. Sehingga hilanglah dan luntur semua panas selama ini.

Doa Niat Puasa Ramadhan

Setelah membahas tentang pengertian bulan ramadhan diatas, selanjutnya akan membahas mengenai niat melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Krena berhubungan dengan niat, tentunya hal ini sangatlah penting. Karena semua amal badah yang kita lakukan akan dinilai dari niat kita, ketika akan melaksanakan suatu ibadah dan tak terkecuali dalam melaksanakan ibadah puasa ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHODIN. ‘AN ADAA’I. FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA’ALA.

Artinya :

Saya berniat berpuasa, esok hari untuk menunaikan fardlu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Doa niat puasa ramadhan diatas, dibacakan atau diniatkan ketika melaksanakan sahur di waktu sebelum imsyak. Atau untuk berjaga-jaga ketika kita lupa melaksanakan sahur, biasanya doa ini dibacakan ketika telah usai melaksanakan ibadah tarawih. Ketika telah usai menunaikan ibadah sholat tarawih, imam akan membacakan doa niat puasa ramadhan ini.

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Setelah menunaikan ibadah puasa seharian, dimulai dari waktu imsyak hingga terbenamnya matahari. Maka tiba saatnya bagi umat islam yang menunaikan ibadah puasa untuk berbuka, atau membatalkan puasa di waktunya. Dalam Agama Islam semua kegiatan diawali dengan doa dan begitu pula akhirnya.

Jika diatas sudah terdapat doa niat puasa, maka berikut ini adalah doa berbuka puasa :

َللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA’ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya :

Ya Allah karenaMu aku berpuasa. dengan-Mu aku beriman. kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Setelah membaca doa berbuka puasa ramadhan, maka sebaiknya makan makanan yang tersedia. Dianjurkan memakan makanan yang manis, seperti kurma dan lainnya. Namun jika tidak terdapat makanan seperti kurma, maka makanlah apa yang tersedia, karena islam tidak mengharuskan makanan seperti apa yang harus dimakan.

Doa Niat Sholat Tarawih Bulan Penuh Rahmat Ramadhan

Sholat tarawih merupakan ibadah spesial yang hanya terdapat didalam bulan ramadhan. Hukum melaksanakan sholat tarawih ini adalah sunnah yang dianjurkan, akan tetapi jika seorang muslim meninggalkannya tidak akan mendapatkan dosa.
Namun sudah semestinya, sebagai umat islam untuk melaksanakan ibadah sholat tarawih ini, karena akan ada banyak keuntungan yang akan didapatkan. Salah satunya keutamaan keutamaan sholat tarawih yang akan didapatkan, serta pahala yang besar. Maka dari itu, menunaikan ibadah sunnah sholat tarawih sangat dianjurkan melaksanakannya.

Baca Juga : Sholat Sunnah Dhuha Dari Tata Cara Sampai Keutamaannya

Seperti ibadah sholat pada umumnya, ibadah sholat tarawih ini diawali dengan niat, takbiratul ikhram hingga diakhiri dengan salam. Dalam pelaksanannya ibadah sholat tarawih dilaksanakan dua rokaat salam. akan tetapi ada perbedaan pendapat mengenai jumlah banyaknya rokaat yang hrus ditunaiakan. Namun hal inikembali lagi pada diri kita masing-masing, berikut adalah bacaan niat sholat tarawih :

Niat Sholat Tarawih Sebagai Imam

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى
Ushalli sunnatat Tarawihi rak’atayni mustaqbilal qiblati ada’an imaman lillahi ta’ala.
Artinya:
“Aku menyengaja sembahyang, sunnah tarawih 2 rokaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam, karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Tarawih Sebagai Makmum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarawihi rak’atayni mustaqbilal qiblati ada’an ma’muman lillahi ta’ala.Artinya:
” Aku menyengaja sembahyang, sunnah tarawih 2 rokaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum, karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Idul Fitri ( Ied )

Setelah sebulan penuh menunaikan ibadah fardlu puasa bulan ramadhan, seluruh umat islam diseluruh dunia akan merayakan idul fitri. Hari ini diartikan sebagai hari suci atau hari dimana semua umat islam yang beriman seperti terlahir kembali dan bersih dari dosa. Idul fiti jatuh pada tanggal 1 syawal, saat itu terdapat satu ibadah yang hanya terdapat diwaktu tersebut. Ibadah ini sering disebut dengan sholat idul fitri atau sholat ied.

Sholat idul fitri merupakan salah satu ibadah sholat yang hanya ditunaikan pada tanggal satu syawal saja. Sholat ini dilaksanakan pada pagi hari tanggal satu syawal atau hari raya idul fitri.

Berikut adalah bacaan niat sholat Idul Fitri:

أُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ (مَأْمُوْمًا\إِمَامًا) لِلهِ تَعَــــالَى

Usholli rak’ataini. sunnatan li’idil fitri. (ma’muman/imaman) lillahi ta’ala.

Artinya:

“Aku berniat sholat sunnah idul fitri dua rokaat (menjadi makmum/imam), karena Allah Ta’ala.”

Layanan Kami

Biro Umroh Terbaik

Biaya Umroh Murah

Paket Umroh Terbaik

1 tanggapan pada “Bulan Ramadhan : Pengertian, Doa Niat Puasa, Sholat Tarawih Serta Idul Fitri”

  1. Pingback: Fadhilah Sholat Tarawih Dari Malam Pertama Hingga Malam Ke Tiga Puluh

Tinggalkan Balasan