Do’a Safar Orang – Orang Yang Menunaikan Ibadah Umroh Dan Hji

Do’a syafar adalah do’a yang dibacakan seseorang sebelum melakukan sebuah perjalanan. Safar sendiri berarti perjalanan, safar juga menjadi bagian perjalanan yang dilakukan oleh seorang muslim dalam mencari kemaslahatan hidup di dunia.

Seorang muslim yang melakukan safar dengan menempuh jarak minimal 80 km disebut sebagai musafir. Tentu saja perjalanannya bertujuan mencari kemaslahatan di dunia atau dengan niatan mencari kebaikan. Sebagaimana saat umat islam menunaikan ibadah umroh dan haji.

Sebelum berangkat menunaikan ibadah haji dan umroh bisa membacakan do’a safar ini. Pada saat menolakkan kaki dari pintu rumah ketika akan berangkat, dengan membaca doa safar ini juga boleh dilakukan.

Melakukan sebuah perjalanan atau safar sebagai umat islam tentunya dianjurkan membaca ini

Karena perjalanan ibadah haji dan umroh merupakan salah satu perjalanan yang jauh ( bagi masyarakat indonesia ). Berdo’a untuk memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala. Selama menempuh perjalanan menuju tanah suci tentu saja tidak ada salahnya.

Salah satu diantara banyaknya do’a, do’a safar juga termasuk kedalam do’a memohon keselamatan Kepada Allah SWT dalam melakukan perjalanan. Adapun doa ( safar ) tersebut adalah sebagai berikut.

Do'a Safar Ketika Perjalanan Umroh Dan Haji

Pada dasarnya dalam perjalanan umroh maupun haji, jamaah akan melakukan perjalanan dari kediamannya menuju tanah suci. Di Zaman modern seperti sekarang ini, melaksanakan ibadah haji dan umroh tentu saja sudah menggunakan kendaraan. Pada zaman Rasullulah, juga sudah menggunakan kendaraan, tetapi tentu saja terdapat perbedaanya.

Baca Juga : Pengertian Ibadah Haji, Macam Macam Haji Ifrad, Qiran Dan Tamattu.

Akan tetapi ketika melaksanakan ibadah umroh dan haji, jamaah akan melakukan perjalanan ( Safar ) menuju tanah suci dengan kendaraan. Beerikut bacaan safar :

Doa Ketika Naik Kendaraan

بِسْمِ اللَّهِ (3x)

الحَمْدُ للِه

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

سُبْحَانَكَ إِنِّى قَدْ ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: Dengan menyebut nama Allah (3x). Segala puji bagi Allah.
Mahasuci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami.
Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri maka ampunilah aku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau.

Do'a Ketika Berada Di Kendaraan

Doa ketika sedang melaksanakan perjalanan atau safar sesudah menaiki kendaraan yang akan digunakan dalam perjalanan. Hendaklah melafadkan atau membaca ” Allahu Akbar, Allahu Akbar Allahu Akbar ” dan dilanjutkan dengan membaca :

بِسْمِ اللهِ مَجْرَىْ هاَ وَمُرْسَى هاَ إِنَّ رَبىِّ لَغَفُوْرٌ رَحِيْمٌ , وَماَ قَدَرُوْا اللهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالأَرْضُ جَمِيْعاً قَبْضَتُهُ يَوْمَ القِياَمَةِ وَالسَّمَواَتِ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِيْنِهِ سُبْحاَنَهُ وَتَعاَلىَ عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

Artinya :

“Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya, padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat, dan langit digulung dengan kekuasaan-Nya. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.”

Layanan Kami

Tinggalkan Balasan