Dosa Pertama Yang Terjadi Dilangit Dan Bumi

Pada dasarnya manusia adalah tempatnya salah dan dosa, karena semua manusia yang hidup didunia atau bahkan di langit pastinya akan memiliki dosa. Akan tetapi apakah anda pernah berangan sebenarna apa dosa pertama yang terjadi dilangit dan bumi. Berikut adalah beberapa artikel penjelasannya.

Dosa Manusia Pertama di Langit dan Bumi

Dosa Pertama Yang Terjadi Dilangit

Dosa pertama yang terjadi dilangit yaitu dosanya Iblis terhadap Nabi Adam Alaihissalam, yang kisahnya tentu kita ketahui karena banyak diceritakan kisahnya. Iblis tidak mau melaksanakan perintah Allah SWT. untuk bersujud kepada Nabi Adam AS. Karena iblis merasa sombong dan tertipu dengan dirinya yang merasa mulia karena tercipta dari api.

Baca Juga : Larangan – Larangan Saat Melaksanakan Ibadah Umroh

Dosa setelah iblis terhadap Nabi Adam AS karena angkuhnya iblis yang tidak ingin bersujud kepada Nabi Adam AS. Dosa berikutnya yang ada dilangit yaitu dosanya Adam dan hawa saat berada di dalam syurga. Ketika itu mereka berdua memakan buah yang telah Allah Azza Wa Jalla larang untuk mendekatinya dan bahkan memakannya.

Dosa Adam dan Hawa ini terjadi akibat tipu daya dari setan dan iblis yang menginginkan Nabi Adam AS dan Hawa di keluarkan dari Syurga-Nya Allah Taala. Maka usaha iblis dan setan pun berhasil dengan menjebak Nabi Adam AS dan Hawa untuk memakan buah yang dilarang tersebut. Akibatnya mereka berdua di uji oleh Allah SWT dengan ujian diturunkan di muka bumi. Hal ini yang mendasari terciptanya ummat islam di dunia sebagai kholifah.

Dosa Pertama Yang Terjadi Dibumi

Stelah Nabi Adam AS dan Hawa diturunkan dimuka bumi, maka beliau dikaruniai dua orang putra (Qabil dan habil). Beliau (Qabil dan Habil) adalah keturunan manusia yang pertama dimuka bumi ini. Sebagai ummat Islam kita wajib mengimani hal ini dan mempercayai bahwa kejadian ini benar-benar terjadi.

Untuk dosa yang pertama kali yang terjadi dibumi, terjadi dalam kisah putra keturunan Nabi Adam AS yaitu (Qobil dan habil). Bahkan kisahnya diceritakan dalam kitab Al-Qur’an surah Al-Maidah ayat 27 sampai 31. Dan berikut adalah gambaran kisahnya.

Kisah Habil dan Qabil

Kisah putera Adam (Habil dan Qabil) pada saat mereka berdua mempersembahkan sesembahan kepada Allah SWT. Salah satu persembahan dari mereka berdua yaitu Habil diterima Allah dan sesembahan dari Qabil tidak diterima. Ketika itu Qabil berkata bahwa beliau akan membunuh habil, karena sesembahan dari habil yang diterima. Kemudian Habil menimbali dengan perkataan yang bijaksana bahwa ” Sesungguhnya Allah SWT menerima sesembahan dari orang-orang yang bertaqwa”.


Habil menambahkan perkataanya itu dengan mengatakan jika Qabil menggerakkan tangannya untuk mencelakai Habil atau membunuh, maka beliau (Habil) tidak akan pernah berusaha untuk membalasnya. Karena keimanan yang Habil miliki terhadap Allah SWT Tuhan yang mengendalikan semua Alam. Kepercayaan habil mengenai dosa setiap apa yang akan diperbuat nya dan saudaranya (Qabil) akan dipertanggung jawabkan sendiri-sendiri dihadapan Sang Pencipta.


Setelah terjadi perbincangan itu, maka hawa nafsu Qabil menganggap akan semakin mudah membunuh saudaranya itu. Ketika Qabil sudah membunuh Habil maka Allah SWT mengirimkan burung gagak yang menguburkan burung gagak lain yang mati, maka Qabil pun menyadari bahwa beliau telah terjebak oleh hawa nafsu dan termasuk orang orang yang menyesal.


Dari kisah diatas adalah sedikit gambaran dari arti ayat Al-Quran surah Al-Maidah ayat 27 sampai 23. Jika terdapat kesalahan maka itu murni dari kami karena sesungguhya Allah SWT maha Benar atas semua yang terjadi. Akan tetapi kita dapat mengambil hikmah dari dosa pertama yang terjadi dilangit dan bumi ini. Dengan selalu mengingat akan dosa maka kita akan terhindar dari dosa dan siapa yang mengingat akan kematian maka kita akan terhindar menghindari kegitan-kegiatan yang menimbulkan dosa.


Sekian artikel dari kami dan semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami yang lain.

1 tanggapan pada “Dosa Pertama Yang Terjadi Dilangit Dan Bumi”

  1. Pingback: Sholat Lima Waktu - Tips Menjaga Dan Mempertahankan Nya - Biaya Umroh Paket Murah Biro Terbaik

Tinggalkan Balasan