Fadhilah Menunaikan Sholat Tarawih Dari Malam Pertama Hingga Malam Ke Tiga Puluh

Fadhilah sholat tarawih sebagai ibadah yang hanya terdapat pada bulan ramadhan tentunya sangat istimewa. Hal tersebut tidak terlepas dari keistimewaan yang dimiliki bulan ramadhan. Semua amalan kebaikan yang dilaksanakan dengan hati yang ikhlas, hanya mengharap ridho Allah SWT. Semuanya akan dilipat gandakan pahalanya disisi Allah Ta’ala.

Kunjungi Biro Umroh terbaik Disini : — Paket Umroh

Beberapa fadhilah sholat tarawih akan berbeda – beda dalam setiap malamya, dari malah pertama hingga malam ke tiga puluh. Tetapi perbedaan fadhilah sholat tarawih tersebut tidak menjadikan setiap malamnya berkurang keistimewaanya. Akan tetapi pada setiap malam dari hari pertama hingga terakhir puasa akan memiliki keistimewaan – keistimewaan tersendiri.

Fadhilah sholat tarawih serta keutamaan melaksanakannya

Pengertian Fadhilah Sholat Tarawih Serta Hukum Melaksanakannya

Sholat tarawih adalah sholat khusus yang hanya terdapat dibulan ramadhan, dilaksanakan setelah melaksanakan sholat isya dan sebelum sholat witir. Sholat tarawaih merupakan satu diantara beberapa amalan yang hanya terdapat di bulan ramadhan serta untuk menghidupkan malam ramadhan ( Qiyamu Ramadhan ).

Baca Juga : Bulan Ramadhan : Pengertian, Doa Niat Puasa, Sholat Tarawih Serta Idul Fitri

Hukum melaksanakan sholat tarawih adalah sunnah bagi laki – laki dan perempuan. Dengan kata lain, Umat Islam yang sudah baligh diperbolehkan tidak melaksanakannya, apabila meninggalkan maka tidak ada dosa baginya. Namun mengingat fadhilah sholat tarawih yang sangat istimewa, tidak ada ruginya jika kita menunaikan sholat tarawih ini.

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى ذَاتَ لَيْلَةٍ فِي الْمَسْجِدِ فَصَلَّى بِصَلَاتِهِ نَاسٌ ثُمَّ صَلَّى مِنْ الْقَابِلَةِ فَكَثُرَ النَّاسُ ثُمَّ اجْتَمَعُوا مِنْ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ أَوْ الرَّابِعَةِ فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا أَصْبَحَ قَالَ قَدْ رَأَيْتُ الَّذِي صَنَعْتُمْ وَلَمْ يَمْنَعْنِي مِنْ الْخُرُوجِ إِلَيْكُمْ إِلَّا أَنِّي خَشِيتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ وَذَلِكَ فِي رَمَضَانَ (رواه البخاري ومسلم)

Hukum melaksanakan sholat tarawih tersebut didasarkan dalam sebuah hadist yang kurang lebih penjelasannya sebagai berikut. Penjelasan dari Aisyah Muminin, Radliallahu’anha bahwa sewaktu bulan ramadhan. Rasullulah pada suatu malam sholat dimasjid, lalu banyak para sahabat mengikuti beliau. Pada malam berikutnya ketiga atau ke empat para sahabat sudah menunggu Nabi tetapi beliau tidak menemui para sahabat.

Keesokan harinya beliau bersabda, ” Sungguh, aku lihat apa yang kalian perbuat tadi malam. Tapi aku ( Rasulullah ) tidak datang ke masjid karena aku takut sekali bila sholat ini diwajibkan pada kalian ” Sayidda Aisyah berkata, ” Hal ini terjadi pada bulan ramadhan “.

Hukum Melaksanakan Sholat Tarawih.

Penjelasan lainnya menerangkan bahwa, Nabi Muhammad SAW pernah menunaikan ibadah sholat tarawih pada malam awal – awal di bulan ramadhan. Hingga pada akhirnya, beliau melihat antusiasme sahabat yang begitu tinggi, akan tetapi beliau mengurungkan niatnya pergi kemasjid pada hari berikutnya.

Alasan pertama, bisa dikatakan bahwa beliau khawatir bila sewaktu – waktu Allah Ta’ala menurunkan wahyu yang akan mewajibkan pelaksanaan sholat tarawih tersebut. Hal tersebut tentunya akan memberatkan umat pada generasi berikutnya yang tidak memiliki semangat yang sama dengan para sahabatnya.
Kedua, Mungkin Beliau merasa takut nanti akan timbulnya kesalahan pandangan atau persepsi di kalangan umat. Bahwa sholat tarawih menjadi wajib karena merupakan perbuatan rutin Beliau yang ditinggalkan Rasulullah. Wallahu A’lam…

Keutamaan Atau fadhilah Sholat Tarawih Dari Malam Pertama Hingga Malam ke Tiga puluh

Fadhilah berarti keutamaan, fadhilah sholat tarawih berarti keutamaan melaksanakan sholat sunnah tarawih. Sedangkan penjelasan mengenai fadhilah, biasanya ungkapan ini berkaitan dengan kegiatan tertentu yang bersifat ibadah. Seperti membaca Al-Qur’an pada surah tertentu yang diyakini memiliki fadhilah.


Sedangkan tarawih pada bulan ramadhan tentunya tentunya tidak telepas dari keistimewaan bulan ramadhan itu sendiri. Setiap perbuatan kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya, termasuk sholat sunnah tarawaih ini.


Dari pembahasan diatas berikut ini fadhilah melaksanakan ibadah sholat tarawih dari malam pertama hingga malam ke tiga puluh. Dengan mengetahui fadhilah ini diharapkan akan meningkatnya semangat melaksanakan ibadah sunnah ini. Tetapi juga perlu diingat bahwa ibadah tarawih ini adalah sunnah, maka tidak diperbolehkan seakan kita harus wajib melakukannya.


Berikut fadhilah tarawih dari malam pertama hingga malah ke tiga puluh :

Keutamaan Menunaikan Sholat tarawih Pada Malam Pertama.

Keutamaan jika melaksanakan shalat tarawih pada malam pertama. Diampuninya dosa bagi ummat islam yang melaksanakan atau menunaikan ibadah sholat sunnah tarawih pada malam pertama romadhon. 

Masih terdapat perbedaan pendapat dikalanagn para ulama, mengenai dosa yang diampuni. namun tidak ada salahnya kita berikhtiar memohon ampunan melalui ibadah ini. 

Keutamaan Menunaikan Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Dua.

Pada malam kedua ramadhan, keutamaan melaksanakan ibadah sholat sunnah tarawih. Orang yang melaksanakan sholat tarawih akan diampuni dosanya dan dosa kedua orang tuanya. Hal tersebut dapat berlaku ketika keduanya adalah seorang muslim.

Keutamaan Menunaikan Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Tiga.

Keutamaan melaksanakan sholat tarawih pada malam ketiga ramadhan. Para Malaikat Allah, menyeru dari bawah Arsy “mulailah untuk melakukan amal – amal kebajikan, maka Allah SWT. akan mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu”.

Keutamaan Menunaikan Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Empat.

Keutamaan menunaikan shalat tarawih pada malam ke- empat bulan ramadhan. Umat islam yang menunaikan tarawih sama halnya dengan orang yang beriman. Maka mereka akan mendapatkan pahala, layaknya orang -orang yang membaca kitab Taurot, Zabur, Injil dan Al-Qur’an Nul Karim.

Keutamaan Menunaikan Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Lima.

Keutamaan menunaikan sholat tarawih pada malam ke- lima di bulan Ramadhan. Allah Ta’ala akan menganugerahkan pahala kepada umat islam yang melaksanakan, layaknya orang yang menunaikan sholat di Masjidil Haram, Masjid Nabawi serta Masjidil Aqsha.

Keutamaan Melaksanakan Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Enam.

Keutamaan menunaikan shalat tarawih pada malam keenam dibulan ramadhan. Allah SWT, memberikan padanya ( orang yang melaksanakan tarawih pada malam ke eman ) pahala. Seperti pahalanya orang – orang yang melakukan Thowaf di Baitul Makmur. Serta Bebatuan memohonkan ampunan kepada siapa saja yang melaksanakan ibadah tarawih di malam ke enam.

Keutamaan Melaksanakan sholat tarawih Pada Malam Ke- Tuju.

Fadhilah melaksanakan shoat tarawih pada malam ketujuh bulan romadhon. Bagi mereka ( umat islam) yang menunaikan sholat tarawih dimalam ini. Seakan-akan menemui zaman Nabi Musa, serta menolong Nabi Musa dan Kaumnya yang beriman dari serangan bala tentara Fir’aun dan Haman.

Keutamaan Melaksanakan Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Delapan.

Fadhilah melaksanakan sholat tarawih pada malam ke- delapan pada malah romadhon. Allah Ta’ala akan memberikan kepada kita segala sesuatu yang pernah diberikan-Nya kepada Nabi Ibrahim AS.

Keutamaan Melaksanakan Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Sembilan.

Pada malam kesembilan ke- sembilan dibulan ramadhan. Umat islam yang menunaikan ibadah sholat sunnah tarawih akan mendapatkan pahala seperti layaknya pahala ibadah yang dikerjakan oleh para Nabi.

Keutamaan Melaksanakan Sholat Sunnah Tarawih Pada Malam Ke- Sepuluh.

Pada Malam ke- sepuluh pada malam bulan ramadhan. Allah SWT akan memberikan kebaikan di dunia serta kebaikan di akhirat. Kepada seluruh umat islam yang menunaikan sholat sunnah tarawih dimalam ke- sepuluh ramadhan.

Keutamaan Menunaikan Sholat Sunnah Tarawih Pada Malam Ke- Sebelas.

Malam ke sebelas bulan ramadhan, keutamaan atau fadhilah melaksanakan shalot tarawih di malam ini. Seorang muslim yang sholat tarawih dimalam ini, kelak ia akan keluar dari dunia (mati). Seperti hari dimana ketika ia baru dilahirkan dari rahim ibundanya.

Keutamaan Menunaikan Tarawih Pada Malam Ke- Duabelas.

Malam ke- duabelas dibulan ramadhanbagi orang yang melaksanakan sholat sunnah tarawih. Pada malam ke- duabelas ini, ia akan berjalan pada hari kiamat, dengan wajahnya yang bersinar. Seumpama rembulan di bulan purnama.

Keutamaan Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Tigabelas.

Umat islam yang menunaikan ibadah sholat tarawih pada malam ke- tigabelas di bulan ramadhan. Ketika hari kiamat tiba, maka dia akan selamat dari segala macam keburukan.

Keutamaan Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Empatbelas.

Malam ke – Empatbelas memiliki keutamaan shalat tarawih. Malaikat akan menjadi saksi bagi umat islam yang menunaikan ibadah sholat tarawih dimalam ini. Sehingga kelak, dihari kiamat dia tidak perlu dihisab.

Keutamaan Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Limabelas.

Pada Malam ke- limabelas dimalam ramadhan. Fadhilah melaksanakan ibadah sholat tarawih adalah seluruh Malaikat serta Malaikat yang menyangga ‘Arsy bersama-sama mendoakan selamat kepada orang yang menunaikan sholat tarawih dimalam lima belas ramadhan ini.

Keutamaan Menunaikan Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Enambelas.

Keutamaan menunaikan ibadah sholat tarawih pada malam ke 16 bulan Ramadhan. Allah Ta’ala akan menulis orang tersebut, termasuk kedalam golongan orang – orang yang selamat dari api neraka. Serta akan mendapat keberuntungan masuk kedalam surga-Nya.

Sungguh tidak ada kerugian bagi kita yang melaksanakan ibadah sholat tarawih dimalam ke-enambelas bulan ramadhan ini. Jika kita ikhlas menunaikan hanya karena Allah Ta’ala maka semuanya akan kita dapatkan dengan sempurna. Akan tetapi mendapatkan kesempurnaan itu tidaklah mudah, melainkan berusaha mendapatkannya adalah sikap terbaik.

Keutamaan Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Tujuhbelas.

Malam ramadhan ke 17 bulan ramadhan, bagi umat islam yang melaksanakan ibadah sholat tarawih pada malam ini. Maka hitungan pahalanya diibaratkan seperti pahalanya paara Nabi.

Keutamaan Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Delapanbelas.

Keutamaan sholat tarawih pada malam ke- 18 bulan ramadhan. Malaikat berseru kepada pelaksana ibadah tarawih dengan seruan.

” Hai hamba Allah ( Yang menunaikan sholat tarawiih ). Sesungguhnya Allah Ta’ala telah memberikan Ampunan-Nya kepada mu an kedua orangtuamu “

Fadhilah Tarawih Pada Malam Ke- Sembilanbelas.

Umat Islam yang melaksanakan ibadah sholat sunnah tarawih pada malam ini. Kelak akan diangkat derajadnya di surga firdaus.

Fadhillah Sholat Sunnah Tarawih Malam Ke- Duapuluh.

Malam ke- 20 pada bulan Ramadhan, umat islam yang melaksanakan tarawih pada malam ini. Mereka akan diberi pahala orang yang mati syahid serta orang-orang sholih.

Mendapatkan pahala seperti orang yang meninggal dalam keadaan syahid akan dijamin dengan surga. Serta akan mendapatkan pahala seperti orang-orang sholih. Dapatkan dengan menunaikan tarawih pada malam ini.

Fadhilah Tarawih Pada Malam Ke- Duapuluh Satu.

Allah Ta’ala akan membuatkan untuk nya bangunan yang terbuat dari cahaya di surga.

Fadhilah Ibadah Tarawih Pada Malam Ke- Duapuluh Dua.

Akan diselamatkan dari segala bentuk kesusahan serta kebingungan di hari kiamat kelak.

Keutamaan Ibadah Tarawih Malam Ke- Duapuluh Tiga.

Pada malam ini, seorang umat islam yang menunaikan tarawih, maka Allat SWT akan membangunkan sebuah kota di surga.

Keutamaan Ibadah Tarawih Malam Ke- Duapuluh Empat.

Allah Ta’ala akan memberikan 24 permintaan ataupun do’a yang akan dikabulkan.

Keutamaan Ibadah Tarawih Pada Malam Duapuluh Lima.

Umat muslim yang melaksanakan ibadah sholat tarawih dimalam ini, maka. Allah Ta’ala akan menghilangkan darinya siksa kubur.

Fadhilah Sholat Tarawih Pada Malam Ke- Duapuluh Enam.

Keutamaan sholat sunnah tarawih pada malam ke 26 dimalam bulan ramadhan. Maka Allah SWT akan meningkatkan pahalanya selama 40 tahun. 

Fadhilah Tarawih Pada Malam Duapuluh Tuju.

Keutamaan malam 27, bagi yang menunaikan sholat tarawih. Tiba dihari kiamat, ketika melewati jembatan syiratul mustaqim akan diberi kemudahan, ibarat seperti kilat yang menyambar.

Fadhilah Tarawih Pada Malam Duapuluh Delapan.

Bagi yang melaksanakannya akan meningkat derajatnyadidalam surga kelak.

Fadhilah Tarawih Pada Malam Ke- Duapuluh Sembilan.

Bagi Orang yang melaksanakan ibadah tarawih pada malam ini maka pahalanya akan dihitung seperti, seribu kali ibadah haji yang diterima. Atau seperti melaksanakan ibadah haji sebanyak 1000 kali yang mabrur. Sedangkan ibadah haji yang mabrur tiada balasan lain selain surga.

Anda ingin menunaikan ibadah haji ? Temukan paketnya hanya disini : Paket Haji plus

Fadhilah Ibadah Tarawih Malam Tigapuluh.

Sedangkan malam terakhir yaitu malam ke- 30, keutamaan melaksanakan ibadah tarawih pada malam ini adalah. Mereka akan minum dari minuman surga, makan dari makanan surga serta mandi dari air air di surga.

Layanan Kami

Biro Umroh Terpercaya

Paket Umroh Terbaik

Biro Umroh Murah

Tinggalkan Balasan