Larangan – Larangan Saat Melaksanakan Ibadah Umroh

Umroh merupakan salah satu ibadah yang spesial, jika seseorang melaksanakan ibadah umroh maka dia harus mengetahui larangan-larangan pada saat melaksanakan ibadah umroh ditanah suci atau Mekkah. Agar nantinya mendapatkan predikat umroh yang mabruroh. Berikut adalah beberapa larangan-larangan bagi jamaah umroh laki-laki dan perempuan :

Larangan bagi orang yang berihram umroh dan kabah

Larangan Bagi Jamaah Umroh Laki-Laki

Ketika seorang jamaah laki-laki sudah melaksanakan ihram dan berniat melaksanakan ibadah umroh, maka larangan-larangan mengenai hal yang tidak diperbolehkan ketika berumroh sudah berlaku baginya. Larangan pertama yaitu untuk tidak memakai pakaian yang berjahit mengikuti lekuk tubuh, karena akan memperlihatkan bentuk tubuhnya.Tidak terkecuali dalam memakai pakaian dalam atau rangkap seperti kaos dalam dan celana dalam. Lalau bagaimana cara mendapatkan solusinya.Cukup mudah saja, Anda bisa membeli perlengkapan tersebut di toko perlengkapan umroh.

Selain hal diatas, memakai alas kaki yang menutup melebihi mata kaki juga dilarang ketika seseorang sudah melakukan ihram. Maka pakailah alas kaki terbuka, seperti sendal biasa sehingga mata kaki Anda terlihat. Hal lain yang berlaku, jika anda jamaah laki-laki yaitu untuk penutup kepala Anda. Sebagai seorang laki-laki yang sedang dalam berihram, Anda tidak diperkenankan untuk mengenakan topi atau apapun yang melekat pada kepala. Untuk menghindari panasnya sengatan matahari, Anda diperbolehkan menggunakan payung sebagai gantinya.

Larangan Bagi Jamaah Umroh Perempuan

Bagi seorang perempuan, tentunya sudah semestinya memperhatikan apa yang dikenakannya. Mulai dari pakaian yang dikenakannya ataupun sesuatu yang melekat ditubuhnya. Hak ini diajarkan dalam hikmah melaksanakan ibadah umroh untuk kaum hawa, karena ibadah umroh adalah ibadah yang senilai pahaklanya dengan berjihad atau berperang di jalan Allah SWT. Karena begitu spesial bagi kaum Anda hawa serta untuk mendukung suksesnya ibadah umroh yang ditunaikan, Anda perlu mengetahui larangan-larangan saat berihram.

Baca juga : Sholat Lima Waktu – Tips Menjaga Dan Mempertahankannya

Diantara larangan-larangan bagi perempuan ketika berihram diantaranya adalah tidak diperbolehkan menutup telapak tangan atau mengenakan kaus tangan. Selain itu, seorang perempuan juga tidak dianjurkan untuk menutupi bagian wajahnya dengan menggunakan benda yang menempel di wajah saat sedang berada di tanah suci.

Larangan Bagi Jamaah Laki-Laki Dan Perempuan

Selain larangan-larangan khusus bagi laki-laki dan perempuan diatas, ada juga larangan-larangan lain yang berlaku bagi keduanya. Di antaranya adalah :

  • Larangan menggunakan wewangian setelah berpakaian ihram serta berniat melaksanakan umroh. Diperbolehkan memakai wewangian jika belum melakukan ihram ataupun berniat.
  • Jamaah umroh laki-laki dan perempuan juga tidak diperbolehkan untuk mencabut bulu dibagian seluruh seluruh tubuh, serta memotong kuku dibagian kaki maupun tangan.
  • Dilarang melakukan perburuan ataupun mengganggu binatang saat berihram.
  • Larangan merusak, memotong, mengukir ataupun menebang pepohonan di tanah haram.
  • Larangan meminang seseorang, menikah, dan menimangkan seseorang atau menikahkan seseorang.
  • Bagi Anda yang melaksanakan ibadah umroh bersama pasangan. makan dilarang melakukan hubungan suami istri ataupun hanya sekedar bercumbu ketika sudah melakukan ihram dan berniat berumroh.
  • Sedangkan larangan ketika sudah berihram yang terakhir adalah menjaga tutur kata dan ucapan yang keluar dari lisan. Berucap kata-kata kotor, serta mencaci sesuatu dan bertengkar.

 

Sekian pmbahasan mengenai Larangan – Larangan Saat Melaksanakan Ibadah Umroh Semoga bermanfaat dan tentunya masih banyak kekurangan dalam tulisan ini. Untuk itu mohon dengan sangat atas pengertiannya.

1 tanggapan pada “Larangan – Larangan Saat Melaksanakan Ibadah Umroh”

  1. Pingback: Dosa Pertama Yang Terjadi Dilangit Dan Bumi - Paket Biaya Biro Umroh Murah

Tinggalkan Balasan