Mendaftar Ibadah Haji Juga Membutuhkan Komitmen Dan Perjuangan

Menunaikan rukun islam ke lima dengan mendaftar ibadah haji, tentunya membutuhkan membutuhkan komitmen dan perjuangan. Dimulai pada saat mendaftar ibadah haji, niat pertama yang harus di mantapkan yaitu menyempurnakan rukun islam kelima hanya karena Allah SWT. Niat tentunya akan menjadi syarat pertama diterima atau tidak nya ibadah haji nanti sebagai haji yang mabrur.

Sebagai umat Islam yang menjaga iman dan selalu bertaqwa kepada Allah Ta’ala, pastinya mendambakan ibadah haji. Menyempurnakan rukun islam ke lima dengan menunaikan ibadah haji ke baitullah ( Kabah ). Dimulai dari berniatniat ihram, melaksanakan tawaf, sampai dengan tahalul yang akan membawa umat islam tersebut menyempurnakan kelima rukun islam.

Proses mendaftar ibadah haji perlunya komitmen dan perjuangan

Dalam melaksanakan ibadah haji tentunya tidaklah mudah, diperlukan komitmen yang tinggi serta perjuangan yang ekstra. Dimulai saat akan mendaftar ibadah haji, komitmen akan dapat menunaikan rukun islam ke lima ini akan terlaksana. Karena bekal komitmen yang tinggi serta percaya diri akan memberikan dorongan positif terhadap persiapan sebelum mendaftar ibadah haji.


Mempersiapkan segala sesuatunya dengan komitmen tinggi dan perjuangan yang sunguh-sunguh adalah kunci utamanya. Khususnya pada saat mempersiapkan dana atau biaya yang akan digunakan untuk menunaikan ibadah haji. Karena akan terasa berat mempersiapkannya jika kurangnya komitmen dan perjuangan.

Mendaftar Ibadah Haji Penuh Komitmen

Menunaikan ibadah haji tidak seperti ibadah umroh, meskipun dalam pelaksanaanya hampir sama, namun mendaftar ibadah haji lebih berat pelaksanaanya. Membutuhkan persiapan matang dengan penuh komitmen dari calon jamaah haji sendiri. Karena bukan hanya soal kemampuan fisik saja, akan tetapi juga soal dana. Juka biaya ibadah umroh dsikisaran Rp 20 juta, maka biaya haji reguler saat ini mulai dari Rp. 35 jutaan.

Alternatif mengunjungi tanah suci selain haji dengan ibadah Umroh, dapatkan biaya umroh murah hanya di : Biaya Umroh

Berbicara mengenai dana tentunya tidak terlepas dari rizqi yang Allah SWt berikan kepada manusia. Sebagai umat islam, haruslah mempercayai bahwa pengatur dan pemberi rizqi terbaik adalah Allah Ta’ala.

Meskipun semua rizqi itu Allah SWT yang mengatur dan menentukannya, sebagai manusia ciptaan-Nya juga harus berusaha menjemput rizqi tersebut. Terkadang juga cobaan lainnya bermunculan ketika sudah berniat untuk mendaftar ibadah haji. Untuk menyikapinya haruslah dengan hati yang sabar dan berbaik sangka kepada Allah SWT. bahwa itu cobaan yang digunakan untuk membersihkan hati kita sebelum mengunjungi tanah suci.

Maka disinilah pentingnya memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan ibadah haji ini. Selain dengan angaran biaya diatas yang wajib disiapkan sebelum mendaftar’ terdapat lagi antrean atau masa tunggu haji sampai belasan tahun lamanya. Oleh karena itu, jika sudah memiliki niat mendaftarkan ibadah haji, komitmen serta berikhtiar menabung atau mengumpulkan uang khusus untuk ibadah haji.

Perjuangan Keras Untuk Mewujudkan Ibadah Haji

Setelah berikhtiar dan memiliki komitmen yang tinggi bahwa diri kita akan bisa melaksanakan ibadah haji. Usaha selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melaksanakan perjuangan yang keras untuk mewujudkannya. Semua usaha bila dilakukan dengan usaha dan perjuangan yang keras pastinya akan membuahkan hasil.

Tak lain juga usaha dan perjuangan keras untuk melaksanakan ibadah umroh di tanah suci ini. Perjuangan keras yang diterapkan akan membuahkan hasil nantinya.

Tips Serta Langkah Mendaftar Ibadah Haji

Hitung Dan Siapkan Biaya Haji

Setelah membulatkan niat dengan benar serta membangun komitmen yang kuat. Hal pertama yang harus dipikirkan adalah biaya haji, ongkos dan hal berkaitan dengan keuangan yang akan digunakan untuk menunaikan ibadah haji. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan, karena nantinya akan memberikan perencanaan yang matang.

Mengetahui antara biaya haji yang akan dikeluarkan serta berapa angaran yang dimiliki sangatlah penting. Agar nantinya semua biaya haji sebagai kebutuhan akan tersedia. Serta menghindari dari terjadinya kekurangan dana dan akhirnya berhutang.

Hal tersebut tentunya akan mengurangi syarat sahnya haji yang harus mampu dalam segi biaya. Yaitu angaran dana yang dimiliki oleh calon jamaah haji tersebut.
Mengenai biaya haji, terdapat beberapa perbedaan biaya haji antara paket haji reguler dan haji khusus. Biaya haji reguler dari Badan Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH), pada tahun 2019 sebesar Rp.35.235.602 per jamaah. Biasanya biaya haji reguler ini akan bertambah dalam setiap tahunnya, tergantung dari keputusan pemerintah.

Biaya haji khusus percepatan menggunakan quota yaitu seharga $ 11.000 serta biaya haji percepatan $ 16.900 dengan kisaran rupiah tergantung harga penukaran dolar dengan rupiah. Mungkin kedua paket haji percepatan ini sangatlah besar, namunn bagi anda yang sudah mampu mengapa tidak melakukannya?

Mengumpulkan Uang Untuk Mendaftar Ibadah Haji

Setelah mengetahui biaya haji yang harus dibayarkan, langkah kedua yang mesti dilakukan yaitu menyiapkan atau mengumpulkan uang untuk digunakan mendaftar ibadah haji. Mengumpulkan uang memiliki banyak cara untuk melakukannya, salah satunya yaitu Tabungan Haji yang tersedia di perbankan syariah.

Sebenarnya biaya yang diperlukan tidak hanya saat mendaftar saja, namun banyak lainnya yang juga memerlukan biaya. Seperti biaya hidup keluarga yang ditinggalkan haruslah mencukupi untuk sehari-harinya, serta uang yang digunakan sebagai bekal selama menunaikan ibadah haji ditanah suci.

Jika semuanya sudah terpenuhi, maka segeralah mendaftar ibadah haji. Mendaftar ibadah haji percepatan atau plus dapat dilakukan di biro travel perjalanan haji terpercaya.

Melakukan Pendaftaran Ibadah Haji

Setelah uang terkumpul, langkah berikutnya adalah mendaftarkan diri dimana akan mengambil paket haji. Jika haji reguler maka dibutuhkan setoran awal sebesar 25 juga yang akan dikirimkan kepada kementrian agama dari tabungan haji. Namun jika menggunakan paket haji plus ataupun istimewa, mendaftar di travel penyedia layanan paket haji plus percepatan yang sudah dipercaya.

Setelah melakukan pendaftaran, selanjutnya yaitu menandatangani surat pernyataan memenuhi persyaratan pendaftaran haji, yang diterbitkan oleh Kementerian Agama. Atau sesuai arahan dari travel biro perjalanan haji yang digunakan.

Mempersiapkan Dokumen Keberangkatan Dan Segala Sesuatunya Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat menunaikan ibadah haji, perlunya mempersiapkan segala sesuatunya yang akan menjadi persyaratan dan perlengkapan lainnya. Sebagai persiapan paling awal biasanya akan dimintai melengkapi dokumen-dokumen yang nantinya akan digunakan. Membuat visa, pasport dan lain lain.

Sedangkan perlengkapan yang mendekati keberangkatan yaitu, perlengkapan yang akan digunakan pribadi. Seperti obat-obatan, serta perlengkapan yang nantinya akan dibutuhkan saat menunaikan ibadah haji ditanah suci.

Hal – hal diatas adalah langkah-langkah mendaftarkan ibadah haji yang akan biasa atau umum. Terdapat cara lain yang lebih lengkap akan dibahas dalam artikel selanjutnya.

Pada dasarnya melaksanakan ibadah haji adalah wajib bagi mereka yang mampu, baik secara fisik, finansial, akal dan lainnya. Maka dari itu bagi anda yang sudah memiliki kemampuan untuk melaksanakan ibadah haji segeralah mendaftar. Namun alasan antrean yang lama menjadikan alasan anda untuk melakukan ibadah haji, anda bisa berangkat menggunakan paket umroh istimewa ataupun vip.

Anda langsung bisa menghubungi nomor yang tertera di website kami dengan segera.

1 tanggapan pada “Mendaftar Ibadah Haji Juga Membutuhkan Komitmen Dan Perjuangan”

  1. Pingback: Predikat Haji Mabrur Balasan Surga Menantinya - Biaya Umroh Paket Murah Biro Terbaik

Tinggalkan Balasan