Pengertian Ibadah Haji, Macam – Macam Haji Ifrad, Qiran Dan Tamattu

Ibadah Haji adalah ziarah atau kunjungan tahunan umat Islam ke Mekkah, kota suci bagi muslim diseluruh dunia. Ibadah Haji merupakan kewajiban bagi umat islam yang dilaksanakan setidaknya sekali seumur hidup dan menjadi salah satu rukun islam ke lima.

Pengertian Haji secara bahasa / Etimologi, ” Haji ” artinya berziarah ke, menuju tempat yang diagungkan, bermaksud atau menyengaja.

Pengertian Haji secara istilah atau Terminologi. Haji adalah menyengaja mengunjungi Ka’bah dan bermaksud untuk mengerjakan ihram, wukuf, sa’i dan tahalul. Serta melaksanakan ibadah lainnya untuk memenuhi perintah Allah Ta’ala. Dengan serta mengharap keridhoan Allah SWT pada waktu yang telah ditentukan.

Daftar Haji Plus atau Percepatan Kuota Resmi Kemenag Disini : Paket Haji Plus

Seorang muslim yang berkewajiban menunaikan Ibadah Haji yaitu semua muslim dewasa, secara fisik dan finansial mampu melakukan perjalanan serta dapat mendukung keluarga selama menunaikan haji. Keadaan seorang muslim yang secara fisik dan finansial mampu menunaikan ibadah haji disebut Istita’ah, sedangkan seorang muslim yang memenuhi syarat disebut mustati.

Ibadah haji merupakan rukun islam ke lima dalam agama islam

Macam - Macam Atau Jenis - Jenis Ibadah Haji

Ibadah haji merupakan salah satu Rukun Islam ke lima dalam agama Isla. Ibadah ini memiliki hukum wajib dilaksanakan sebanyak satu kali seumur hidup, bagi seorang muslim dewasa yang dalam keadaan mampu seperti keterangan diatas. Baik mampu dari segi fisik, finansial sampai mampu secara kemampuan untuk melaksanakannya. 

Dapatkan Biaya Umroh Murah hanya disini : Biaya Umroh 

Dalam melaksanakan suatu ibadah, seorang Muslim tentunya harus memahami dengan pasti bagaimana cara pelaksanaan ibadah tersebut. Tidak terkecuali dalam melaksanakan haji, seorang jamaah haji tentunya harus memahami tatacaara pelaksanaan haji. Maka dari itu terlebih dahulu harus mengetahui macam-macam haji. 

Berdasarkan tata cara pelaksanaan dan urutan melaksanakannya, haji dibedakan menjadi tiga jenis. Ketiga jenis itu antara lain Haji Ifrad, Haji Qiran Serta Haji Tamattu. Jamaah haji dapat memilih salahsatu dari ketiganya.

Namun sebelum memilih, ada baiknya untuk mengetahui tiga macam-macam atau jenis-jenis haji. Berikut penjelasan mengenai Haji Ifrad, Haji Qiran serta Haji Tamattu.

Pengertian Ibadah Haji Ifrad

Haji ifrad adalah haji yang dilaksanakan pada waktu jamaah memisahkan antara haji dan ibadah umrohnya, masing-masing ditunaikan secar terpisah namun masih didalam satu musim haji.

Jamaah haji akan melaksanakan rangkaian haji terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan menunaikan ibadah umroh. Pada saat menunaikan ihram, jamaah harus jamaah harus sudah berniat untuk melaksanakan haji dan umroh yang dilakukan di batas miqat sebelum memasuki kota suci mekkah.

Haji Ifrad ini jarang sekali digunakan oleh jamaah-jamaah haji, karena haji jenis ini termasuk berat dalam pelaksanaanya. Jamaah harus selalu memakai kain ihram sampai kedua ibadah ini selesai ditunaikan. Dengan kata lain mulai dari tiba di mekah sampai pada tanggal 9 dzulhijjah.

Melaksanakan haji menggunakan jenis Haji Ifradberarti jamaah akan tidur dan beraktifitas lainnya menggunakan kain ihram. Jamaah juga disunnahkan melakukan thawaf qudum/thawaf selamat datang saat baru pertamakali tiba di mekkah.

Setelah melakukan thawaf jamaah  diharuskan melaksanakan sa’i dan belum diperbolehkan melakukan tahallul. Karena jamaah haji ifrad melaksanakan tahalull setelah selesai melaksanakan thawaf dan sa’i.

Mungkin hal itu yang menjadikannya tampak seperti berat. Namun jika menunaikannya sungguh karena Allah ta’ala maka tidak ada yang begitu berat dalam menjalankan ibadah di jalan-Nya. Ibadah haji ifrad paling tinggi kualitasnya karena pelaksana haji ifrad tidak dikenakan dam atau denda.

Pengertian Haji Qiran

Haji Qiran yaitu melaksanakan haji dan umroh secara bersamaan, semua ritual ibadah umroh sudah semuanya tercakup kedalam ibadah haji yang dilaksanakan, Pelaksanaan ritual haji dan umroh seperti thawaf, sa’i dan tahalul dilakukan sebanyak satu kali.

Haji Qiran banyak dilaksanakan bagi mereka yang memiliki waktu terbatas. Umumnya para jamaah haji yang tiba di Mekkah sudah mendekati puncah haji yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Jamaah Haji Qiran akan menunaikan ibadh haji serta umroh sekaligus. Dengan demikian segala ritual umroh akan terlaksanakan. Namun, karena kemudahan ini jamaah dikenai dam menyembelih seekor kambing. Tetapi jika tidak mampu, jamaah dapat membayarnya dengan melaksanakan puasa selama 10 hari.

Pengertian Ibadah Haji Tamattu

Haji Tamattu merupakan Ibadah haji yang pelaksanaanya menunaikan ibadah umroh terlebih dahulu dan setelahnya baru menunaikan haji. Jamaah haji ini biasanya memiliki waktu yang lebih panjang dan mimiliki banyak waktu sengang sebelum pelaksanaan haji.

Haji Tamattu lebih mudah dibandingkan dengan haji ifrad dan qiran. Karena setelah selesai melaksanakan thawaf dan sa’i umroh, jamaah bisa langsung dapat melakukan tahalul agar bisa langsung terbebas dari larangan ihram.

Haji tamattu merupakan jenis haji yang banyak digunakan jamaah umroh asal Indonesia. Karena waktu keberangkatan menuju tanah suci lebih awal dan memiliki lebih banyak watu dan mengisinya dngan menunaikan ibad umroh terlebih dahulu.

Jamaah yang melakukan hajinya dengan jenis haji ini, diwajibkan membayar dam seperti dam pada haji Qiran.

2 tanggapan pada “Pengertian Ibadah Haji, Macam – Macam Haji Ifrad, Qiran Dan Tamattu”

  1. Pingback: Do'a Safar Orang - Orang Yang Menunaikan Ibadah Umroh Dan Hji - Biaya Umroh Paket Murah Biro Terbaik

  2. Pingback: Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Serta Amalan Amalan Nya - Biaya Umroh Paket Murah Biro Terbaik

Tinggalkan Balasan