Predikat Haji Mabrur Balasan Surga Menantinya

Mendapatkan predikat haji mabrur tentunya bukanlah perkara yang mudah, diperlukan usaha terbaik untuk meraihnya. Melakukan semua syarat wajib haji, syarat sah haji serta tidak melangar ketentuan yang dilarang merupakan usaha meraih predikat haji mabrur secara kemampuan manusia. Karena predikat yang sesungguhnya yaitu penilaian dari Allah SWT.

Diluar batas kemampuan manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya, manusia hanya diberikan kemampuan melaksanakan ibadah haji plus dengan tata cara yang diajarkan melalui Al-Quran dan Hadist dari Nabi Muhammad SAW. Perihal akan diterima ataupun tidak ibadah seseorang tergantung dari niatnya.

Predikat haji mabrur menurut pandangan Allah Ta'ala

Baca juga : Mendaftar Ibadah Haji Juga Perlu Mempunyai Komitmen Dan Perjuangan

Sama halnya dalam menunaikan ibadah haji, manusia hanya diberikan kemampuan melaksanakannya dengan tata cara tadi. Masalah diterima atau tidaknya ibadah haji tergantung dengan niat seorang jamaah yang menunaikannya, serta keputusan dari Allah ta’ala yang maha mengetahui isi hati.

Dengan adanya ikhtiar serta niatan yang tulus, melaksanakan ibadah haji semata-mata hanya karena Allah SWT. Tidak diniatkan untuk hal lain selain mendapatkan pahala disisi-Nya, maka peluang akan mendapatkan predikat haji mabruroh akan semakin besar.

Balasan Syurga Bagi Seseorang Dengan Predikat Haji Mabrur

Dalam sebuah hadist Rasullulah menjelaskan bahwa, barang siapa yang menunaikan ibadah haji di Baitullah. Mereka tidak berkata dengan perkataan yang kotor atau berbuat dosa, ia akan kembali dari Haji seperti bayi yang baru saja dilahirkan oleh ibunya. Hadist dari Riwayat Bukhari.

Dari gambaran hadist diatas yang mengatakan seseorang yang berhasil dalam melaksanakan ibadah Haji menurut pandangan Allah tentunya, seperti bayai yang baru lahir. Sedangkan bayi yang lahir di ibaratkan seperti kertas putih yang belum trnodai apapun.

Anda ingin menunaikan ibadah umroh ? dengan harga yang murah ? jangan salah pilih ! Dapatkan paket umroh dengan harga murah hanya disini : biaya umroh murah

Mereka ( Jamaah Haji Mbrur ) akan kembali tanpa dosa, seperti bayi yang baru terlahir. Itulah yang disebut dengan istilah haji mabrur, yang balasannya adalah surga. “Haji mabrur itu tidak ada balasan lain, kecuali surga.” (HR Nasai dari Abu Hurairah).
Maka dari itu, tidak akan ada oleh-oleh yang paling berharga dari menunaikan Ibadah Haji di Tanah Suci, selain predikat haji mabrur. Predikat inilah yang akan dibalas dengan surga Allah Ta’ala.

Istikomah Menjaga Akhlak Setelah Menunaikan Ibadah Haji

Setelah berikhtiar dengan semua usaha yang telah dilakukan selama melaksanakan ibadah Haji. Sikap selanjutnya yang perlu dipertahankan adalah istikomah menjaga akhlak setelah menunaikan ibadah haji. Karena akhlak yang bertambah baik, merupakan sebagian gambaran bahwa seseorang telah memperoleh predikat haji mabrur.

Ibadah Haji menjadi sebuah bukti sekaligus kebanggaan dan rasa syukur bahwa ia sudah diberikan kesempatan untuk menyempurnakan rukun Islam yang kelima. Meningkatkan kualitas diri dalam kehidupan dihari esok, bertambahnya kebaikan dalam diri serta meningkatnya rasa iman yang besar juga merupakan beberapa diantaranya. 

Seperti halnya sebuah aset yang dimiliki, orang-orang yang hajinya mabrur berkewajiban untuk menjaganya dengan baik agar tidak kotor apalagi sampai rusak.  Sekaligus sebagai  investasi paling berharga di akhirat. Dan, memang hanya surgalah yang disiapkan oleh Allah bagi orang-orang yang hajinya mabrur.

Sekian pembahasan mengenai predikat haji mabrur ini, semoga Anda yang mempunyai keinginan untuk menunaikan ibadah haji dapat terlaksana. Diberikan kemudahan, kelancara serta keselamatan mulai dari keberangkatan hingga kembali lagi ditanah air. Serta mendapatkan apa yang di cita-citakan dari ibadah haji sebagai rukun islam yang ke lima ini.

Layanan Kami

1 tanggapan pada “Predikat Haji Mabrur Balasan Surga Menantinya”

  1. Pingback: Pengertian Umroh Secara Bahasa, Istilah Serta Kemampuan Melaksanakannya - Biaya Umroh Paket Murah Biro Terbaik

Tinggalkan Balasan